By | April 30, 2016

ab

 

India lagi, India lagi…

Jika kemarin saya bicara India dari segi film dan novel, India dari segi musik sebaiknya tidak dilupakan. Tapi bukan musik sembarang musik India, yang ingin saya perkenalkan kini adalah The Indian Project Jam.

The Indian Project Jam didirikan oleh seorang produser/komposer muda berbakat, Tushar Lall. Dia mengadaptasi musik Barat dan mengaransemennya ulang dalam cita rasa India yang kental. Penampilan aransemen itu dilakukan bersama dengan beberapa musisi berbakat lain: Prasad Rahane (Sitar), Samay Lalwani (Tabla), Sri Sandeep Mishra (Sarangi), Pratamesh Salunke (seruling), Vivaan Kapoor (Perkusi), dan beberapa lagi.

Musik-musik yang dimainkan pun sudah amat akrab di telinga hampir setiap orang di dunia. Hal ini karena mereka mengaransemen ulang beberapa soundtrack film Barat yang sudah terkenal di dunia. Hanya saja, musik-musik itu sudah diolah ulang dalam bentuk India, sudah indianised kata mereka.

Coba bayangkan, mereka memainkan semua musik itu dengan alat-alat musik trandisional India semacam Sitar, Tabla dan Sarangi! Tentu hasilnya seperti adonan gado-gado, tapi tetap bagus dan enak didengar.

Sudah ada tujuh lagu yang mereka buat dan diunggah  di Youtube. Semuanya adalah sountrack film. Di antara yang tujuh itu, saya suka sekali mendengar sountrack-nya The Pirate of Carribean dan Interstellar. Meski saya suka dua itu, bukan berarti lagu-lagu yang lain tidak bagus. Coba saja dengar aransemen mereka terhadap lagu Sherlock Holmes atau Game of Thrones. Yang terbaru, mereka menggubah musik latarnya Star Wars. Mantap sekali!

Saya masih menunggu penampilan mereka yang baru. Ke depan, saya harap mereka tidak berhenti membuat yang baru dan yang lebih bagus lagi. Lagu mereka memberi saya sudut pandang yang baru tentang India.

The India Project Jam bisa ditemui di website resminya dan di bermagai media sosial: Youtube, Google+, Twitter, Facebook, dan Istragram.[]

3 Replies to “The Indian Project Jam”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *