By | March 6, 2016

 

kopi sareng

Ini benar-benar kabar baik bagi penggemar kopi. Di Kecamatan Gondanglegi kini ada Kopi Aceh!

Kopi Aceh di Gondanglegi terdapat di Gerai Kopi Sareng. Lokasinya di barisan Ruko BRI, belakang pos polisi, seberang kali, tepatnya di Jl. Dr. Wahidin no. 07.

Tempatnya terbilang asyik, tepat di depan jembatan. Jadi, berandanya lebih luas ketimbang ruko lain. Kelebihan ini digunakan dengan baik, dengan menyediakan meja beberapa buah di situ. Duduk di beranda malam-malam, diterangi lampu temaram sembari menikmati kopi adalah daya jual tersendiri di warung kopi ini.

Kopi Saring khas Aceh tersedia di meja di depanmu. Itulah sensasi yang akan kau tunggu jika kau tinggal di Kecamatan Gondanglegi.

Harganya pun terjangkau untuk rerata orang yang hidup di lingkungan ini. Kopi Sareng, Kopi Telor, Kopi Es, suguhan-suguhan istimewa ini tersedia dengan harga ciamik. Sisanya hanya hidangan-hidangan biasa yang bisa didapat di tempat lain.

Penjualnya juga meyakinkan. Tak perlu kau ragu-ragu, sebab mereka terdengar bicara Bahasa Aceh. Kecuali berlagak bicara bahasa yang tak dipahami oleh lingkungan situ, berarti akting mereka sangat bagus, sebab bicaranya terkesan betulan bahasa Aceh.

kopi_sareng_2Hadirnya kopi Aceh membawa angin baru di jagat perkopian Gondanglegi. Selama ini, warung kopi di Gondanglegi belum mengakomodasi penggemar kopi yang lebih bervariasi. Kopi di kecamatan ini diperlakukan kurang senonoh. Ada namanya Kopi cethol (e suarakan seperti tempe, o suarakan seperti topi), sebuah nama yang dinisbatkan kepada penyajinya ketimbang sajiannya. Kopi cethol disajikan dalam suasana mesum dan penuh kata tak senonoh. Pembeli tidak ingin menikmati kopi, tapi kesan mesum itu. Sungguh menghina kekudusan kopi!

Ada pula warung kopi yang sajikan kopi secara biasa-biasa saja, tanpa passion, tanpa kekhidmatan. Kopi semacam ini akan terpaksa saya beli seperti halnya demokrasi: karena inilah pilihan terbaik di antara yang buruk.

Oleh karena itu, hadirnya kopi Aceh ini adalah angin segar. Bila ada teman-teman berkunjung ke Gondanglegi, Gerai Kopi Sareng adalah tempat pas untuk kopdar.[]

 

7 Replies to “Gerai Kopi Sareng”

    1. mhilal Post author

      Nah, ini pembenaran dari orang Aceh sendiri. Berarti makin meyakinkan ini benar-benar kopi aceh 😀

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *